Tuesday, August 11, 2015

Surga Yang Tak Dirindukan dan Ilmu Parenting

Depok, 29 Juli 2015
(21.03 WIB)



Pic taken from here


Alhamdulillaah tadi ba'da ashar jadi nonton "Surga Yang Tak Dirindukan" (SYTD) di Margo City, dan masih rame banget lhoo yang nontonnya (mengingat ini udah hari ke-13 setelah tayang perdana pas Idul Fitri kemarin)..

Sebelumnya mohon maaf ya kalo sinopsisnya mbleber, ini nulisnya sesukahati sayanya.. (n__n;)v 
Smoga bermanfaat...

Disclaimer --> Semua yang saya tulis disini, perspektif "parenting"-nya sejauh yang saya tau aja dari kajian, bacaan. Terbuka untuk pendapat berbeda.

Judulnya kenapa pake ada embel-embel "ilmu parenting" segala, karena saya pribadi terkesan banget sama tokoh Ibunya Arini..
IBUNYA ARINI ni 'rockstar' banget!!
Hikmah film berjalan baik karena nasihat-nasihat surgawi Ibunya Arini.. Ngga kebayang kalo Ibunya Arini tu emosian, labil, egois, bakal beneran cerai itu Arini sama Pras. Bubar deh filmnya.
Tokoh Ibunya Arini ini bener-bener jadi kayak cahaya-di-tengah-kegelapan..
Ibunya Arini yang nasihatin Arini berdasarkan pengalamannya dulu, dengan tetap mengedepankan syari'at Islam..
Moral story : Jadilah orangtua yang shalih dan shalihah kalo pengen anak-anaknya juga shalih dan shalihah. 

Jangan nuntut anak-anak kita shalih dan shalihah, beriman dan bertaqwa kepada Allaah kalo kita orangtuanya aja :
- masih suka ngulur-ngulur waktu shalat, 
- males nyari ilmu agama, 
- aktif nyinyirin Ulama, 
- ngehujat, ngatain orang-orang yang berusaha jalanin syari'at Islam....

Kedua, tentang Nadia yang suka dongeng sama kayak Arini (Bundanya Nadia).. Disini aku nangkep kalo apa yang seorang Ibu biasa lakukan, akan ditiru anak-anaknya. Di SYTD ini Arini suka mendongeng, Nadia juga ikut suka mendongeng seperti Bundanya.

Saya pernah baca, ada anak yang bisa nyanyi Twinkle-Twinkle Little Star, ternyata Ibunya dulu pas hamil si anak itu biasa mainin piano dengan nada lagu yang sama.

Saya lupa, tapi saya pernah baca (di WhatssApp kalo ngga salah inget) kalo janin dalam kandungan itu dapat mendengar suara di luar janin, khususnya suara Ibunya. Apa yang didengar, kata-kata apa yang keluar dari mulut Ibunya akan terdengar sampai ke rahim.

Selain itu, karakter dan kebiasaan anak mulai dari bayi, balita, remaja itu menyalin dari sikap dan tindakan orangtuanya. 

...................................... Karena saya nulis ini ngga langsung selesai, jadi saya udah lupa mau nulis apa lagi. Smoga tulisan sinopsis yang dikit ini bermanfaat. Mohon maaf atas kekurangan..

No comments:

Post a Comment