Tuesday, March 22, 2011

Flashdisk Hukuman

...(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun”… (Al Baqoroh : 156)

***

Hari ini 27 Januari 2010 saya dapet musibah. Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun..
Alhamdulillah.. (^_^)
*loh??*

Hmm.. jadi gini…
Tadi pagi sekitar jam 10.30 saya baru selesai syuro’ untuk salah satu amanah di kampus. Sebetulnya saya udah agak mangkel bin dongkol aja karena asumsi saya paling syuro’nya selesai jam 10an, tapi malah molor. Walopun sebenernya saya juga sih yang salah.. jadwal syuro’ jam 8, saya dateng jam 9!! Dodol.

Pikiran saya udah jengkel aja karena itung-itungan saya cuma bisa internetan sekitar 75 menitan. 10 menit buat perjalanan dari tempat syuro’ ke warnet langganan, dan 65 menit buat internetannya sendiri. Karena di pikiran saya jam tu 12 saya udah musti wajib balik ke kosan untuk sholat dzuhur, makanya saya musti manfaatin 65 menitan itu untuk-bener-bener nyari data yang saya perluin.

Sip.
Susunan acara udah fix di otak dan tinggal direalisasikan.

Jadilah saya langsung pamit pergi setelah syuro’ itu ditutup dengan do’a penutup majelis. Saya langsung naik motor dan tancap gas nyari jalan keluar dari gedung itu, yang mana jalan keluarnya dipindah rada jauh kesonoan lagi.

Sampe di parkiran motor tempat warnet langganan saya, saya langsung masuk ke dalem warnet dan mastiin ada komputer kosong. Masnya yang jaga bilang nomer 7 ato 8 terserah. Saya pilih nomer 8, karena itu dipojokan dan deket sama toilet dan saya sekalian mo nyoba juga di tempat itu karena sebelumnya belum pernah.
*so??*

Habis ambil tempat, saya nyalain komputer (saking apalnya sama ni warnet) dan naroh helm plus kunci motor, trus beli softdrink produk dalam negeri dan burger yang jualan di samping warnet langganan saya itu.
(gw akuin, emang pinter nangkep peluang bisnis tu ibu-ibu.. dia diriin kosan di rumahnya yang atas, trus lantai 1nya dipake buat warnet sama jualan burger franchise..)

Karena kalo nunggu agak lama, jadinya saya ambil minuman dan langsung bayar sama burgernya sekalian, dan saya minta burgernya dianter ke dalem.

Mulailah saya mengarungi dunia maya. Dunia tanpa sekat untuk saya bisa tau kejadian di bumi belahan manapun.

15 menit pertama saya masih khidmat dengan nyari data.. tapi 10 menitan kemudian, saya ‘gatel’ fesbukan.. abis itu saya ngaktifin e-mail Yahoo!..

Trus burger pesenan saya dateng dan saya internetan (nyari data) sambil sarapan (pake burger itu) dan minum the softdrink itu.. berasa keren banget dah..

Nggak berapa lama, 2 orang temen saya (Hari dan Megarani) nyapa di cetingan fesbuk dan kita pun ngobrol tentang beberapa hal..

Selesai itu, ada senior saya di SMA (kak Aji) yang ngajak cetingan di e-mail Yahoo! tentang temennya yang karena pergaulannya perlu ‘diluruskan’…

Selama cetingan sama 3 orang itu, saya sambil ngaplot beberapa hal ke fesbuk temen (Pipi dan Atenk) dan baca-baca Multiply temen dan orang lain dan liat-liat beberapa situs berita…

Sambil itu pula mata saya dikit-dikit meratiin jam di paling bawah sebelah kanan.. kalo udah jam 12 ya saya musti OFF.. pulang ke kosan, sholat dzuhur, baca sambil tidur-tiduran di kamar temen yang ada kasurnya yang orangnya lagi pulang kampung..
*kamar lo nggak ada kasurnya Yur??*

Ternyata, waktu telah menunjukkan jam 12.33 udah lebih dari yang seharusnya saya jadwalin. Harusnya saya pulang.

Harusnya tetaplah menjadi harusnya.

Saya pikir, “yah.. ini mah udah adzan dzuhur dari tadi.. dodol lo Yur..”

Tapi diri saya yang lain ngomong, “ya udah.. mo gimana lagi.. udah telat ya telat aja.. sekalian aja buletin jam 1 Yur.. nanggung!”

Oke! Akhirnya saya putusin internetan sampe jam 1 pas, yang artinya saya musti ngebut ngelengkapin data yang saya lagi cari.

Selesai.

Data yang saya perluin udah dapet. Alhamdulillah..

Trus saya matiin fesbuk dan akun e-mail, dan lagu OST 17 Again yang The Greatest tetap memenuhi telinga saya.

Yang seharusnya jari saya ngarahin ke Box OFF, malah saya arahin buat nge-klik halaman Mozilla Firefox yang baru..

I’ve got another data!
Lebih banyak dan lebih prospektif!!
Oh My Gosh! Kemana aja gw selama ini?? Ini data buanyak buanget nggak pernah keliatan setiap gw internetan..??
“ato mungkin emang jalannya sekarang Yur..” kata saya dalam hati.

Bisa ditebak, saya asyik dengan limpahan data setelah saya Googling yang seharusnya saya udah off..
Seperti biasa, mata saya sembari ngelirik ke arah jam di layar..

13.49.
Aduh! Apa nggak usah sholat dzuhur aja ya..??
“hii.. kalo abis itu mati, lo matinya di adzab dalam kubur lo Yur.. MAU??”
Okeh okeh, gw selesein sampe jam 2 dah..

14.05.
Aduh aduh aduh! Bentar lagi yak.. ni tinggal di samain aja data-datanya udah lengkap ato belom..

14.10 akhirnya saya keluar dari warnet sambil buang sampah bekas bungkusan burger dan ngembaliin botol softdrink..

Motor saya pun melaju ke kosan.
Sampe di kosan, saya (masih bisa-bisanya) nyapa temen saya dan nanyain kapan mo beli makan.

14.15 saya selesai cuci muka dan wudhu, mau sholat dzuhur di kamar temen saya yang lain..

Tapi saya ngerasain sholat dzuhur saya kali ini agak aneh..

14.30 saya nyalain laptop dan buka dompet buat ngambil flesdis yang biasa saya simpen disana karena flesdis saya cukup tipis dan mungil.
AYUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
“Hah?? Kenape Ta?” kata Ayu dari kamarnya.
“Kita sekarang pergi makannya, sekalian ke warnet gw tadi.”
“Kenape?” kata Ayu sambil nge-pause film Korea yang lagi dia tonton.
“Flesdis gw ketinggalan. Lupa gw ambil tadi.”

Sebelum ke warnet, gw mampir ke tempat penyewaan film dulu buat balikin setumpuk film yang gw pinjem.

Wah! Mas-mas yang jaga mirip banget sama orang Asia!
*nggak penting ini*
“Ngembaliin aja mas, masih sisa 3 yang belum dibalikin.”
“Iya mbak.”
“makasih ya mas.”

14.45
“Mas, flesdis saya ketinggalan di komputer nomor 8.”
“Kapan mbak?”
“Barusan mas.”
“Sebentar. Saya cek dulu.”
Gw nunggu was-was.. kalopun nggak ada ya udahlah.. relain… hiks…
“Nggak ada mbak.”

JEDER!!

Data gw???
“Beneran mas?”
“Baru aja tadi mbak sama mas yang keluar itu yang nempatin nomer 8..”

Otak gw flesbek ke beberapa menit yang lalu… sembari gw ngeliat beberapa orang yang lagi internetan berdiri dari kursinya ngeliat kearah gw..

Tadi… Ada mbak berambut panjang yang keluar bareng cowok..
“Saya liat kesana ya mas?”
“Silahkan mbak..”

Dan.

Kosong.

Nggak ada apa-apa di CPU komputer, padahal gw inget banget tadi masih gw colokin flesdis gw disitu dengan keadaan udah gw remove…

“Iya mas, nggak ada..” kata gw sambil senyum.
“Iya mbak.. tadi mereka cuma make bentar kok.. tapi nggak tau diambil mereka ato nggak..”
“Nggak papa mas.. makasih ya mas..”
“Ada Ta?” kata Ayu diluar warnet.
“Nggak ada Yu..”
“Yah..” kata Ayu dengan muka agak bingung.
“Coba ntar cari lagi di kosan.. keselip kali..” lanjut Ayu lagi.
“Udah Yu.. nggak papa…”

Habis itu gw dan Ayu pun pergi beli makan.

“Nyelip kali Ta.. flesdis lo kan kecil gitu..” kata Ayu sambil nyendokin nasi ke kertas makan.
“Dulu Lita bilang pasti flesdis gw suatu hari bakal patah.. patah sih kagak, tapi ilang.. sama aja kagak bisa dipake juga ujung-ujungnya..”
“Iya.. hahahaha.. sama aje ye Ta.. eh Ta, nih apaan?” kata Ayu sambil ngambil gorengan dan nunjuk beberapa gorengan tepung di cawan kecil.
“Hah? Ooh.. Cumi tuh..”

Sepanjang jalan dari warnet sampe ke kosan tu gw mikir.. kok bisa ilang yah?? Secara ini pertama kalinya gw keilangan flesdis. Lupa. Kok aneh ya?? Sekalinya gw lupa mah nggak sampe fatal gini.. kenapa nih??

“Lo masukin?”
“Iya.” Dan gw pun masukin motor ke dalem rumah. Males mo keluar lagi.
“Ni makanan gw yang mana?” Tanya Vidi.
“Buka aja semua.” Kata gw.

Gw masih belom nemu kenapa gw bisa sampe lupa sama flesdis gw sendiri yang udah gw remove dari komputer.

“Iya Yu.. pantesan aja flesdis gw ilang..” kata gw dari dapur.
“Napa?” tanya Ayu sambil jalan mo cuci tangan.

“Tadi tuh gw pas udah masuk waktu sholat dzuhur gw malah ntar-ntarin sholatnya.. gw molor-molorin aja gituh.. eeeehhh… nggak taunya langsung di adzab gini deh.. ilang deh flesdis gw yang udah penuh sama data gw itu.. cepet banget yak kenanya.. Cuma gara-gara mundur-mundurin waktu sholat.. Hmffhh…”

“Iye Ta.. sabar ye Ta..”

Tapi gw bersyukur banget, karena bentuk ‘sentilan’ Alloh karena gw ngundur-ngundur waktu sholat tu bukan bentuk ‘gamparan’ yang ngebuat gw jadi sakit parah.. soalnya gw pernah baca tulisan pengalaman seseorang di Tarbawi yang bilang kalo gara-gara dia nunda waktu sholat dzuhurnya buat ngambil jemuran baju anaknya, dia kepleset dan gigi depannya patah sampe berdarah-darah dan musti dibawa ke Puskesmas buat dicabut 2 gigi depannya.. astagfirulloh..

Bisa aja waktu gw pulang dari warnet itu Alloh ngebuat gw kecelakaan motor (dengan cara diserempet ato ditabrak dari arah manapun sama kendaraan lain).

Bisa aja Alloh ngebiarin gw dengan sholat dzuhur gw yang tadi asal-asalan.. asal sholat.. trus gw sampe kedepannya.. Karena gw udah berani nurunin prioritas untuk jalanin perintah Alloh yang utama. Sholat.
Tapi nggak.. Alloh cuma ‘ngambil’ flesdis gw.. walopun datanya emang penting sih, karena gw nggak ada kopiannya di laptop..

Tapi hikmahnya ke gw yang terlalu sangat sangat sangat mahal, dan nggak sebanding setitik pun sama harga flesdis dan seluruh data didalamnya.

Dan itu baru 1 maksiat gw. Diantara segudangnya maksiat lain yang udah gw lakuin.

Nggak kebayang kalo setiap gw ngelakuin dosa, barang-barang gw yang gw butuhin jadi ilang.. ato fisik gw yang langsung diambilin Alloh dengan mematikan fungsinya…

Astagfirullohalladzim…

(T_T)

***

...Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)... (Asy Syuura : 30)


No comments:

Post a Comment