Friday, October 10, 2014

Ujian Muslimah

Depok, 4 Oktober 2014
(23.14 WIB)


"Di antara hal-hal yang membantu seorang Bapak dalam memberikan pendidikan yang baik kepada anaknya adalah istri shalihah yang mengerti akan tugas-tugasnya dan mengerjakan tugas-tugas tersebut dengan sebaik-baiknya."    
"Harus ada perhatian khusus dalam membentuk Muslimah agar terbentuk rumah tangga islami. Bagi siapa saja yang ingin membangun rumah tangga yang islami, hendaknya yang pertama kali dilakukan adalah mencari seorang istri Muslimah. Sebab, kalau tidak, pembangunan masyarakat Muslim akan tertinggal dan bangunannya sendiri akan rapuh, penuh dengan lubang."  
[2 quote diatas dikutip dari buku "Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak" karya DR Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid, halaman 53-54]


Tadi malem pas ada acara keluarga di Tebet, Jakarta Selatan ketemu kakak sepupu perempuan (sebut saja I) dan kita bahas tentang pernikahan.. Tepatnya, kita bahas tentang memutuskan menikah dengan seseorang..

Intinya aku bilang kalo mutusin nikah itu perlu kemantapan hati (lewat shalat istikharah) dan dalam keadaan sadar sesadar-sadarnya, karena menikah itu diniatkan tidak untuk -naudzubillah- bercerai. Apalagi, mengutip tulisan Ustadz Anis Matta -kalo ngga salah- di bukunya "Serial Cinta", pernikahan itu memikul misi peradaban.

Komen kakak sepupu perempuan, "yaampuunnn! Idealis bangeeettt!!"

Dia kaget. Gw bengong.

Jujur. Sense of Islamic Marriage muncul dan langsung kuat setelah gw ikut kajian Pak Akmal Sjafril pertama kali di Masjid Al Muhajirrin, Depok. Sebelumnya gw udah baca buku beliau, "Islam Liberal 101", dan gw mulai ngeh betapa berat tugas gw dan Suami nanti saat punya anak. Ghazwul Fiqr atau yang biasa disebut Perang Pemikiran bener-bener ngga bisa dianggap enteng. Buat gw, ya ngga masalah, lha gw udah 25 taun. Tapi buat anak-anak gw ntar..??? Tentu butuh persiapan matang untuk pendidikan anak-anak gw kelak.

FYI, hal yang membuat gw hijrah (kelas 3 SMA dulu) dan kembali ke Islam tu setelah gw baca buku "Bayang-Bayang Gurita" karya Jerry D. Gray, yang isinya bahas tentang makar untuk mematikan Islam. Hal berbau makar, konspirasi terhadap Islam bukan hal enteng buat gw. 

Cara paling mudah merusak peradaban, salah satunya, adalah dengan merusak pemikiran. Sebanyak apapun umat Islam, kalau pemikirannya ngga berdasar Al Qur'an dan As Sunnah, ya cuma jadi buih di lautan. Ngga guna.

Ada rekaman video bagus di Youtube, judulnya "Ketakutan Barat Atas Jumlah Kaum Muslimin". Video ini juga termasuk penyemangat gw untuk mempersiapkan berumah-tangga yang islami kelak.





Tentang kajian keislaman dari Pak Akmal itu gw ada rekamannya, tapi sayangnya gw belum nemu cara ngirim rekaman suara di Lenovo. Rencananya mau gw transkrip aja. Smoga bisa direalisasikan sebelum 1 Januari 2015.

Balik ke pernikahan. Jum'at pagi kemarin gw ngobrol sama kakak sepupu perempuan gw yang lain (sebut saja A) tentang masalah single woman sama married woman. Gw bilang kalo beban masalah mereka yang udah nikah jelas lebih berat dibanding yang belum menikah. Ayo berhitung!

Belum menikah, paling mentok ditanya kapan nikah. Lebih jauh, ditanya mau ngejar karier/akademis sampe kapan. Selesai.

Bagi yang udah nikah, berikut tuntutannya :
1) Kapan punya anak?
2) Kapan nambah anak?
3) Mau nerapin pola asuh yang mana?
4) Rencana mau sekolahin anak-anak dimana? TK? SD? SMP? SMA? Kuliah?
5) Anak-anak mau diarahin kemana?
6) Udah ibadah Haji? Kalo belum, rencana mau kapan?
7) Kontribusi Istri buat rumah tangga dan keluarga, apa aja?
8) Karier Suami udah sampe mana?
9) Udah punya rumah? 
10) Investasi dimana aja?
11) .........................................................

Silahkan yang mau nambahin.

Kembali ke Mba I. Gw lebih banyak dengerin cerita beliau, gw mikirin masukan beliau.
Kalo sama Mba A, gw jadi nyimpulin kalo nikah/belum tu kita tetep dituntut untuk berkontribusi ke agama, negara, dan peradaban.



Masalah ternyata ngga cuma di 2 kelompok orang itu, menikah/belum. Tapi juga kepada yang menikah dan belum memiliki anak biologis.

Menurutku, jawaban untuk pertanyaan "kapan nikah?" dan "udah punya anak?" tu bisa dijawab dengan senyuman. 
Wajar kalo bosen ditanya hal yang sama, tapi arahkan kebosenan itu(salah satunya) dengan banyak membaca seperti membaca buku kuliah. It works for me. Membacanya diniatin ibadah, karena membaca untuk mendapat ilmu. Tentu, bacaannya juga bacaan yang bener. Tapi saya juga suka kok bacaan-bacaan untuk refreshing.

Setiap orang dapet ujiannya masing-masing dan Allah Maha Tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya.

Smoga kita smua slalu dikuatkan Allah untuk slalu istiqamah dijalan-Nya.. Aamiiiiin Allahumma aamiiiiin.. (^_^)

No comments:

Post a Comment