Wednesday, October 29, 2014

Grey's Anatomy

Rabu, 29 Oktober 2014
-Depok-


Sebetulnya "Grey's Anatomy" bukan film. Semacam serial tivi. 

Pertama kali gw nonton ini setelah gw nylesein skripsi, termasuk sidangnya (dan kayanya tanpa revisi karena udah Alhamdulillah Bapak Dosen Pembimbing Skripsi gw perfeksionis jadi sebelum sidang udah persiapan mateng banget).

Ada temen TK-SD gw yang ngasi tau kalo film ini bagus. Waktu itu sekitaran Juni-Juli 2012. Dia Dokter dan masih mikirin mau ambil Spesialis apa. Via BBM, dia cerita kalo GA ini serial tivi yang biasa ditonton anak Kedokteran dan ngga lebaiy.

Selama skripsi, kalo orang lain dengerin lagu ato Murratal Qur'an, gw dengerin Harry Potter.

Iya. 
Gw dengerin film Harry Potter sembari gw ngerjain skripsi. And it was fun
Bahkan, gw sampe hafal beberapa dialognya. Karena ada beberapa hal yang bikin gw penasaran dari filmnya, gw nanya Vidi (temen sekampus dan sekosan) yang udah baca novelnya. Gw sendiri cuma baca sampe novel keempat, abis itu gw lebih suka nunggu filmnya aja.

Dan dari kebiasaan dengerin film Harry Potter itu gw jadi tertarik dengan dunia Yahudi dan bahasan seputar Hari Akhir Zaman.

Back to Grey's Anatomy.
Jadi, gw ngopi lah itu semua Season di warnet. 

Awalnya sie biasa aja, ngga tertarik-tertarik amat.
Udah hampir mo gw apus pas nonton di kosan. Trus gw nyoba Googling tentang sinopsis GA ini dan mayoritas bagus semua. Bahkan beberapa bilang kalo GA ini hukumnya wajib ditonton. Ealah.... -_-

Sampe akhirnya gw mulai nonton dari awal, terus lanjut sampe Season 8 (kalo ngga salah inget).
Awalnya sie serem yah, Tapi ya lama-lama biasa juga.
Ada 1 scene yang gw serem banget tu di Grey's Anatomy Season 3 Episode 2 dimana ada pasiennya yang perutnya kehantam pohon dan pohonnya masih ada aja gitu di perutnya. Menurut gw, itu lebih nyeremin dibanding pasien yang kulitnya mengeras dan jadi berakar kayak pohon di Grey's Anatomy Season 7 Episode 3.

Yang paling menarik menurut gw di Grey's Anatomy tu gimana mereka ngejadiin profesi mereka itu bener-bener part of their life, part of their passion, without ruining their marriage life, their social life.

Maksud gw, jarang gw temuin serial tivi yang bener-bener ngupas tentang kehidupan personal, kehidupan rumah tangga, kehidupan profesi, sekaligus kehidupan sosial jadi satu. Dan ini gw temuin di Grey's Anatomy.

Ya ada sie ya masalah, namanya juga hidup, kelar satu masalah ya dateng lagi masalah yang lain. Tapi kalo di Islam kan di Surat Alam Nasyrah udah Allah jamin kalo 1 masalah itu diapit 2 kemudahan.

Yang gw pelajarin dari Grey's Anatomy, terutama dalam hal rumah tangga :
Gapapa Istri tu kerja, kontribusi untuk masyarakat, dan berprestasi. Tapi jangan sampe Istri ngejar jabatan, karena itu artinya harus ada yang dikorbankan. 
Maksudnya, berkarier boleh, tapi niatnya bukan nomor-satuin karier diatas rumah tangga dan keluarga. Berat juga.

Gw sepakat, tapi ini mungkin masih jadi dilema yah untuk beberapa orang, terutama di sekitar gw. 
Banyak yang bilang, "jangan benturkan antara pekerjaan dan pernikahan, kan sama-sama diniatin ibadah."
Iya sie. Mudah berteori, (kayanya) sulit dipraktikkan.
Walaupun "sulit" bukan berarti "mustahil".


Pic taken from here

Ini pasangan favorit selain Owen Hunt sama Christina Yang. 

Mark Sloan - Lexie Grey.

Bedanya, Owen sama Christina berhasil sampai di pernikahan, dan berakhir dengan perceraian dan perpisahan. Kalo Mark dan Lexie belum menikah, mereka meninggal di kecelakaan pesawat.

Dari Christina Yang, gw belajar banget kalo yang namanya belajar tu wajib total supaya kita bisa maksimal nolong orang lain.

Sejak suka Grey's Anatomy dan liat Owen Hunt sama Teddy Altman, gw jadi pengeeenn banget supaya suatu hari anak-anak gw jadi Dokter dan kerja di negara-negara yang lagi perang, atau negara-negara miskin yang belum mampu punya Dokter yang memadai. Trus mereka bikin buku kayak DR. Ang Swee Chan yang nulis buku "From Beirut To Jerusalem". Aamiiiiin Allahumma aamiiiiin... :")

"Being a hero has its price." 
-Christina Yang-
Grey's Anatomy Season 7 Episode 6

No comments:

Post a Comment