Thursday, October 16, 2014

Ju On 3

13 September 2014

Stasiun Sudirman, Jakarta





So, gw mulai langsung ke filmnya. Spoiler alert.

Intinya, Bapaknya ngebunuh Istri sama anak cowonya. That's it. End of story.
Oiyah, Kucingnya juga dibunuh, dimasukkin ke microwave. Sadis.

Sekedar intermezzo, ini Kucing Item piaraan anaknya. Agak aneh menurut gw, karena tanpa adanya Kucing ini pun ngga akan ganggu jalan cerita.

Mule dari situ (pembunuhan), rumahnya jadi aneh gitu. Jadi-jadian. Yang masuk kedalem bakal berakhir dengan kematian. Ya sebetulnya menurut Al Qur'an ya smua yang hidup pasti akan menemui kematian.

Oiya, peraturan pertama : slalu gunakan Al Qur'an dan As Sunnah sebagai landasan berpikir. Hidup Khilafah! Hidup Pak Erdogan!
*ekatanya Khilafah bangkit dari Syam? Bener?*

Balik ke film.

Inti dari film "Ju-On 3" itu seperti ingin membuktikan hadist yang bilang kalo, "setiap ada kerusakan dalam rumah tangga, maka yang wajib dipertanyakan adalah Suami."

Okay. Kayanya gw salah. Itu mungkin bukan hadits dan redaksionalnya tu, "kalo ada anak durhaka, maka yang wajib ditanya pertama kali adalah Ayahnya." Kurleb (kurang-lebih) kayak gitu.

Inget. 3 kewajiban Ayah terhadap Anak yang apabila salah satunya tidak dipenuhi maka sang Ayah sudah dikatakan DURHAKA terhadap anaknya. Wayoloooh!

Pertama, mencari Ibu yang baik untuk anak-anaknya kelak.
Kedua, memberikan nama yang baik kepada anak-anaknya.
Ketiga, mengajarkan Al Qur'an kepada anak-anaknya. Tentang yang nomer 3 gw pernah baca kalo Ayah yang memanggil Ustadz/Ustadzah ke rumah untuk mengajar Al Qur'an, menyekolahkan anak ke sekolah Islam/pondok pesantren karena pekerjaan sang Ayah tidak memungkinkan untuk mengajarkan Al Qur'an kepada anak-anaknya langsung, maka dua hal tadi sudah termasuk dalam "mengajarkan Al Qur'an kepada anak-anaknya". Alesannya, karena Ayah sudah memberikan akses untuk anak-anaknya belajar Al Qur'an. Tapi tetep, kalo bisa Ayahnya langsung ya baiknya Ayahnya.

Nah pertanyaannya, kok bisa gw nyimpulin gitu dari tu film..?

Pertama, itu awalnya Kayako Saeki (Istrinya) baik-baik aja, sampe suatu hari dia udah kayak orang gila saking pengen punya anak. Suaminya, Takeo Saeki, ni pebisnis yang jarang di rumah gitu.

Hikmah dari episode ini : para Suami peka sama perasaan Istrinya. Ini sebetulnya ngga akan ada adegan pembunuhan kalo Suaminya peka sama masalah Istrinya. Jadi tuh anak yang dikandung Kayako ni bukan dari Suaminya, Takeo, tapi arwah anak kecil yang masuk k perut Kayako.

Kayako nulis di buku diarinya kalo dia ngga peduli gimana caranya dia bisa hamil. Trus dia kayak main upacara manggil arwah, roh gitu. Kayako bilang dia minta ada jiwa yang tumbuh dalam perutnya. Masuk deh roh jahat dari arwah anak yang dulu pernah mati dibunuh ortunya, nama anaknya Toshio Yamagi.

Oya, flashback tentang Toshio Yamagi. Dia ni anak kecil umur 8 taun yang jadi korban kekerasan ortunya. Dia tewas di lemari kamar tidurnya karena diiket pas Jepang lagi kena suhu panas gitu. Naah Toshio Yamagi ni 'dateng' karena 'dipanggil' Kayako.

Sebetulnya ini bukan kesalahan Takeo sepenuhnya ya, secara kultur di Jepang beda sama di Indonesia yang kalo udah sebulan selese aqad-resepsi dipastikan bakal dapet pertanyaan udah-hamil-apa-belom. Lha kalo di Jepang kan beda, punya anak dianggap bukan suatu kewajiban.

Tapi ya disyukuri aja, anggep aja do'a. Kan logika matrenya, dengan semakin banyaknya jumlah manusia di suatu negara, berarti potensi pasarnya besar dan perputaran ekonominya insya Allah lancar. Plus, Indonesia kan masih jadi kantong umat Islam di dunia, salah satu buktinya adalah negara terbesar yang setiap taunnya nerbangin warga negaranya buat Haji dan Umrah. Lebih lanjut bisa yutupan "Ketakutan Barat Atas Jumlah Kaum Muslimin", itu video yang pernah di shared Iqbal di Pejuang.

Balik ke Takeo.

In my sotoy opinion, as a couple married, Takeo-Kayako ni kayanya komunikasinya kurang. Kalo seandainya komunikasi mereka lantjar djaja kayak jalan-tol-abis-subuh kan ngga akan ada adegan setan-setanan, tapi Ju-On 3 jadinya pilem drama keluarga, rumah tangga gitu. *lah?*

Karena kalo lo perhatiin, arwah Toshio Yamagi ngga bakal 'dateng' kalo ngga 'dipanggil' Kayako.

Kayako ni sebetulnya perempuan baik-baik dan berniat banget jadi Kyoiku Mama. Berdasarkan obrolan dengan salah beberapa Ummahat, sehebat apapun potensi Istri kalo Suaminya ngga peduli, ngga peka, ngga dukung ya sama aja bohong. Nol besar.

Kedua, ortunya Toshio. Yakali ngiket anak trus ngebiarin dia kelaperan seminggu. Mari kita doakan ortu kayak gini supaya lekas insyaf, hidupnya susah dunia-akhirat, walopun ujungnya tetep masuk surga (kayak katanya Ustadz Syatori, kalo yang namanya penghuni surga itu sedih kalo liat ada makhluq yang masuk neraka, dido'ainnya smua diampuni, dapet hidayah & endingnya smua masuk surga) Aamiiiiin Allahumma aamiiiiin.

Di Ju-On 3 ngga diceritain alesan knapa ortunya Toshio Yamagi bisa sekejam itu. Entah gila ato emang imbisil. #emosi


Pic taken from here



Kesimpulan gw setelah nonton Ju-On 3 ini adalah menyadari betapa pentingnya "Kuliah Pra Nikah", buat cewe-cowo. Khususnya buat cowo. Kata Pak Cah, ini bedanya Bapak-Bapak sama Ibu-Ibu. Misal acara seminar pernikahan yang bedah buku; kalo Ibu-Ibu itu walopun udah baca juga tetep maunya dateng & pasti ngajak Suami, tapi yang Bapak-Bapak tu nolak dateng dengan alesan udah baca. Ibu-Ibu tu mau dateng harapannya bukan cuma dapet ilmu baru yang bisa jadi ngga ada di bukunya tapi Ibu-Ibu juga mementingkan kebersamaan.




Pernah dibahas knapa acara pra nikah lebih banyak peserta akhwat ketimbang ikhwan. Kalo ngga salah Irwan Rinaldy pernah bilang mungkin fenomena ini adalah bukti masih kuatnya dogma di masyarakat bahwa ilmu parenting hanya dominasi kaum Ibu, padahal di Al Qur'an dari 17 ayat tentang pengasuhan anak itu 14 ayat bahas Bapak-Anak, 2 ayat bahas Ibu-Anak, 1 ayat bahas Guru-Anak. Coba di cek lagi, kali gw bener.

Intinya, Tarbiyatul Aulad (pendidikan anak) itu mayoritas berbicara tentang Ayah. Bukan Ibu. 
Mayoritas ya, bukan keseluruhan.

Naah, menurut gw, ibroh film Ju-On 3 ini dikhususkan bagi kaum Adam (bukan nama Suami Inul). Dalam 1 kalimat simpel :

URUS ANAK-BINI YANG BENER!!

Knapa?
Kalo Suami gagal ngedidik diri sendiri, gagal ngedidik Bini ama anak, ujungnya ntar jadi NYETANIN ORANG. Ngrusak masyarakat.

Kalo gitu, itu 5X sehari ngapain? Jedotin pala doang di lante? (bagi yang mengaku beragama Islam)

Ada 1 adegan yang membuktikan kalo Takeo Saeki ni ngga pernah ikut (ato mungkin lupa ato ngga nyimak?) material Kuliah Pra Nikah, pas Yui, Ibu Guru, nyetel video rekaman keluarga Saeki pas di episode Toshio gamau di foto bareng Takeo. Kayako udah nyuruh-nyuruh Toshio foto bareng Ayahnya.

Dimana konyolnya?

Dimana-mana yeee yang namanya anak, apalagi masih kecil, cuma mau sama yang nemenin dia setiap hari. JANGANKAN sama Bokapnye, kalo EMAKNYE kerja trus dia dititipin sama Baby-Sitter, YangTi juga bakal nolak ortunye.

Ngga percaya?
Cobain sendiri ke anak lu.



Balik ke Takeo. Pas dia udah minta ke anaknya buat foto bareng (mana mintanya kasar lagi) tapi Toshio nolak, Takeo marah dan nunjukkin muka dendam.


Edudul banget. Anak tu ngga smua bantam -banci tampil- apalagi depan kamera. Begitu anak tau arti "foto", banyak dari mereka yang bakal nolak! Emang dipikir foto-foto bagus, imut, happy-family yang bareng balita tu skali jepret dapet?? Kaga! Emaknye jaipongan dulu depan anaknye biar mao dipoto. Jangan dipikir foto ama balita dan dapet angle bagus tu gampang. Ngga ngefek titel sarjana lo, lo musti nurunin gengsi dan turun umur jadi sepantar ama balita yang mo lu ajak foto. Itu makanya Fotografer Bayi MAHAL! Lo pikir gampang motoin anak bayi pake gaya malaikat lagi senyum, poto anak bayi ketiduran diatas buku-buku? Gw pernah baca cerita seorang Ibu yang demi anak bayinya mau ktawa pas di foto, akhirnya Bapaknya yang dijadiin alas si bayi. Jadi Bapaknya tiduran di lantai, perutnya dialasin selimut bulu, bayinya yang udah didandanin ditaruh diatas perut Bapaknya, dimulailah Lenong dadakan! Bapaknya ngajak ngobrol bayinya, si bayi yang emang suka ya ktawa-ktawa pas Daddy-nya ngajak dia ngobrol. Apa kabar Emak? Emaknye yang merangkap Fotografer Bayi, joget-joget ngajak anaknya ngliat kearah dia yang didepannya ada kamera sambil nyekrek-nyekrekkin kamera berharap dapet momen si anak pas lagi ktawa dan ngliat ke kamera. See? Lo pikir gampang.

Balik ke Takeo-Toshio.
Takeonya dudul. Jarang ketemu, minta akrab. Dikate Indomi 10 menit jadi?

Selain Takeo, Kayako juga salah sih. Takeo yang awalnya ngga niat ngebunuh Kayako jadi malah nyekek dan muterin leher Kayako sampe mati.

Takeo marah ke Kayako tentang Toshio yang gamau di poto bareng dia. Kayako bukannya ngademin kek, malah nantangin, bilang kalo Toshio emang bukan anak Takeo. Lah logikanya si Takeo kan mikirnya itu anak hasil selingkuhan Kayako.  Wajar Takeo marah. Apa kabar harga diri sebagai kepala keluarga, sebagai laki-laki?

Mungkin akan lain cerita kalo Kayako bilang Toshio itu anak setan. Palingan dipanggilin Dukun, ato dimasukkin RSJ, mentok-mentok dicerai.

Dalam konteks sampe hamil, alasan knapa perselingkuhan laki-laki dapat dimaafkan tapi perempuan yang berselingkuh itu wajar dicerai, karena laki-laki bisa selingkuh tanpa hati, perasaan, cinta. Laki-laki bisa selingkuh karena bosan, mau coba-coba, bete sama kelakuan Istrinya. Contoh : David Beckham. 



Gw pernah baca tulisan senior gw tentang rumah tangga David-Victoria. Victoria tau Suaminya ngga bakal kmana-mana walopun diberitain selingkuh sama model ABCD. Victoria paham Suaminya cuma butuh selingan, nyoba hal baru. Ngga lebih. David tau diri kalo dia ngga akan sesukses sekarang kalo bukan karena support Istrinya. Mereka nikah dalam posisi David belum jadi pemain bola tenar banger, sedangkan Victoria lagi nanjak kariernya di Spice Girls. Victoria juga bukan dari keluarga biasa, Papanya lawyer tenar, Victoria bisa aja milih nikah sama yang lebih mapan saat itu dibanding David tapi knapa dia tetep milih nikah sama David?


Tapi ini bukan berarti excuse untuk laki-laki bebas selingkuh. Karena rata-rata laki-laki yang sukses itu menghormati perempuan. Termasuk di AS, cara termudah menjegal karier laki-laki : kasih perempuan. Yang menjatuhkan Andalusia bukan senjata, tapi perempuan. Yang diserang Israel pertama bukan laki-laki, tapi perempuannya.

Bener banget hadits yang bilang kalo setiap perempuan yang menjadi itu seumpama tawanan, dan laki-laki adalah pemimpin dalam rumah tangganya.
Cari Istri yang bisa lo kendalikan sekaligus bermanfaat buat lo.
Kalo Istri lo Setan/Jin, kapasitas lo harus setara Iblis.
Kalo Istri lo Iblis, lo Dajjal.
Kali Istri lo Dajjal, lo Nabi Isa. Karena nubuwatnya, Nabi Isa yang membunuh Dajjal di Hari Akhir.
Ini perumpamaan ekstrim aja.

Beda sama perempuan, perempuan harus ada hati dulu, ada perasaan dulu, ada cinta untuk sampe berani selingkuh. Perempuan berani selingkuh itu pasangan laki-lakinya udah gapunya harga diri, udah ngga dianggep. Trus mo ngapain? Main rumah-rumahan?

Dapat disimpulkan secara keseluruhan, kalo film Ju-On 3 ini sebetulnya film tentang contoh kegagalan sistem parenting, khususnya di Jepang, yang akhir-akhir ini rame sama tema "Kyoiku Mama".

Seinget gw itu aja sih yang gw rasa urgent dari film Ju-On 3 ini. Selebihnya silahkan nonton sendiri. Hehehe... ^^v

Salah satu cara instan menghancurkan peradaban (Islam) adalah lewat anak-anak. Lewat generasi mudanya.


No comments:

Post a Comment