Friday, April 17, 2015

Infeksi Viral dan 24 Jam yang Allaah Sediakan

Depok, 17 April 2015
(10.55 WIB)



Jum'at (11/4) kemarin, tepatnya pas malemnya (abis isya kalo ngga salah inget), badan saya panas tinggi dan lemes banget tapi tanpa sakit kepala, atau pilek, atau batuk, atau sakit tenggorokan. Panas dan lemas.

Bubar jalan rencana saya buat nyelesein paper pemilu saya yang harus dipresentasikan Rabu (15/4). Ahad sore saya baru ke Dokter di RSU deket rumah. Sengaja ke RS sendirian karena saya ngrasa agak rempong kalo ditemenin, apalagi di RSU kan ngantri dan nguras waktu, kasian yang nunggu.  

Saya udah pede banget diagnosis sakit saya tu kalo ngga gejala DB ya gejala Thyfus. Sungguh sotoy.

Karena setelah dilihat Dokternya, bintik merah di tangan saya tu lebih ke Infeksi Viral bukan bintik merah DB. 

Pas saya bilang kalo mata saya sakit dan itu katanya tanda DB, Dokternya jelasin kalo panas tinggi yang mendadak itu memang langsung naiknya ke kepala bagian belakang mata dan bikin jadi sakit. Tapi ngga selalu mesti DB.

Abis cek darah tepi, ketauan kalo Trombosit saya Alhamdulillaah aman dan Leukosit saya di bawah ambang batas normal. Saya dikasih obat antiviral (ato antivirus?).

Alhamdulillaah hari Senin saya bisa kuliah, dan Rabunya saya bisa presentasi depan kelas.

Selesai satu paper, masih menanti paper matkul lainnya seenggaknya sampe November/Desember 2015 ini..

Yang saya dapet dari sakit Infeksi Viral kemarin, saya jadi paham kalo sebetulnya 24 jam yang Allaah kasih untuk manusia tu cukup banget buat manusia menuhin kebutuhan agamanya, dunianya, akhiratnya.

Yang bikin jadi kurang tu bisa jadi karena manusianya yang belum mau usaha untuk disiplin ngatur waktunya. Khususnya saya. 

Misal : tidur. Alhamdulillaah saya ngga masalah kalo soal tidur. Saya tipikal yang mudah bangun kalo ada suara agak keras. Salah satu contohnya, saya biasa matiin alarm orang yang tidurnya ngga kebangun padahal alarmnya udah bunyi. Tapi emang masalah kuantitas waktu tidur ni yang saya musti atur lagi. Saya pengen banget selalu tidur tepat jam 00 dan bangun jam 03. Saya pengen banget baca Qur'an tu ya pas sebelum Subuh. Saya agak ngga suka dengan kebiasaan baca Qur'an tu pas Dhuha, ato Dzuhur, ato waktu lainnya. Menurut saya agak ribet aja.

Ini soal selera deh.. Saya sie ngga masalah orang lain milih waktu selain sebelum Subuh, tapi untuk diri saya sendiri tu kok rasanya ngga ada bekasnya.

Ini saya aneh banget yah urusan baca Qur'an doang dibikin ribet.. -_-"

Soal ini mungkin karena beberapa kali denger tentang gimana dunia pernikahan sanggup mengubah jam biologis seorang perempuan. Ada yang jet lag, ada yang fine. Nah, karena saya tipikal yang harus dibiasain dulu, maka saya nyoba ikut ODOJ MJR-SJS (One Day One Juz Malam Jadi Rahib-Siang Jadi Singa) yang membiasakan kita untuk melakukan 3 ibadah setiap harinya : tilawah 1 Juz per hari, Qiyamul Lail, dan membaca do'a wirid pagi/sore.  Seneeengg bangeett bisa pernah gabung disana dan dapet banyak ilmu.

Tentang jumlah tidur 3 jam, saya pernah nyoba kalo sebetulnya tidur 3 jam per hari tu baik-baik aja. Toh akan ada waktu dimana kita tidur malem bisa sampe diatas 3 jam. Yang penting bangunnya jam 03 tepat, ngga lebih dan ngga kurang. Ini agak berat memang.

Setelah soal waktu tidur, selanjutnya adalah waktu yang abis karena leyeh-leyeh.

Definisi "leyeh-leyeh" saya tu saya baca artiekl-artikel ato buku-buku yang temanya bukan tema yang harus saya selesein.
Misal : saya sekarang ini harusnya nylesein paper tentang asas diskresi buat matkul Peradilan Administrasi Negara, tapi saya dari pagi sampe sesiangan ini saya malah berkutat baca koran, berita di web yang ngga ada hubungannya sama asas diskresi satu pun. 
Target saya : Ahad ini pagi ini paper asas diskresi saya WAJIB selesai. Bismillaah.

Setahun 2015 ini saya harus disiplin nylesein paper dan tesis yang jadi kewajiban saya. Perkiraan saya, selain Peradilan Administrasi Negara, juga ada paper Hukum Lingkungan, HAM dan Hukum Perizinan yang wajib saya selesaikan. 

Paper PAN sama HL untuk semester ini, paper HAM dan Perizinan buat semester depan.

Inget juga : tesis.

Selain itu, saya juga ada tambahan kewajiban untuk kliping koran Republika. Kliping koran ini penting untuk dapetin bahan tesis dan paper, sekaligus melatih otak.

Saya pernah baca, kalo seseorang mau melatih otaknya supaya ngga pikun seiring dengan berjalannya waktu, minimal harus biasain baca koran setiap harinya. Bagi saya pribadi, metode tepat untuk meniadakan kepikunan tu dengan menjaga hafalan Qur'an. Buat saya, metode ini tidak hanya meniadakan kepikunan, tapi sekaligus mengasah otak lebih tajam dan ciamik dalam berpikir. Bagi saya pribadi lhoo, ngga tau buat yang lain...

Sejak 2 Januari 2015 kemarin saya bangun pagi di salah satu kamar kosan temen di Jogja, saya bertekad meraih beberapa goals. Ada target di tahun 2015 ini yang wajib saya usahakan dipenuhi. Dan untuk memenuhi target saya itu, saya wajib disiplin. No distraction.

Kesuksesan itu ngga kayak bikin mie instan yang 15 menit jadi.

Kesuksesan itu butuh proses dan strategi.
Lamanya proses tergantung konkrit kesuksesan itu sendiri.
Misal : salah satu target saya adalah sukses sidang tesis pada November 2015 besok, lalu sukses yudisium pada Januari 2016, dan sukses wisuda S2 pada Februari 2016.
Kalo dihitung saat ini April 2015, saya hanya punya waktu 7 bulan untuk bisa sampe ke sidang tesis dengan tetap menyelesaikan semua paper matkul yang lain.
Maka cara yang mungkin saya lakukan untuk ngedapetin smua yang saya mau adalah dengan mencicil paper yang saya tau akan jadi tugas untuk saya itu mulai dari sekarang.
Saya harus ngurangin waktu main saya, waktu tidur saya, waktu kongkow-kongkow saya, waktu istirahat saya.
Waktu dan energi yang punya wajib saya alokasikan untuk memahami bidang ilmu yang saya tekuni sekarang. 
Godaan untuk baca tema lain mungkin harus agak dikurangi.

Kalo capek, bisa diinget ayat Qur'an dan hadits ini :

Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya para Malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha atas apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya orang yang berilmu benar-benar dimintakan ampun oleh penghuni langit dan bumi, bahkan oleh ikan-ikan yang berada di dalam air.” 
[Hadits shahih, diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 3641), Tirmidzi (no. 2682), Ibnu Majah (no. 223), Ahmad (V/196), Ad-Darimi (I/98), Ibnu Hibban (88 – Al-Ihsan dan 80 – Al-Mawarid), Al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah (I/275-276, no. 129), Ibnu ‘Abdil Barr dalam Jami’ Bayanil ‘Ilmi (I/174 ,no. 173), dan Ath-Thahawi dalam Musykilul Atsar (I/429), dari Abud Darda’radhiyallahu’anhu]


Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” 
(QS Muhammad : 7)


Setiap jurusan pasti ngasi kontribusi untuk menolong agama Allaah. Hukum, Kedokteran, Teknik, Ekonomi, Farmasi, dan lainnya.

Katanya Amelia Shepperd di ending Grey's Anatomy Season 11 Episode 14, 
"... because in the end, there is no glory in easy."

Semangat untuk kita.
Semangat untuk semua penyeru kebenaran.

Rasa sakit karena turunnya kadar leukosit di tubuh saya pada pekan lalu, memahamkan saya akan satu hal pasti dalam hidup ini :

Istirahat yang sebenarnya adalah nanti saat diri ini sampai di surga-Nya.

1 comment: