Tuesday, May 21, 2013

4th Journey – Cibeureum Waterfall

*ini curhatan yang harusnya di posting dari 12 Mei 2013*

Cibeureum Waterfall.
We came there last Sunday: Aulia, Candra, Sofiet, Rindi, and me.
Our meeting point was in Bogor Station. I reached the commuter line from Depok Lama Station. I ran after I bought the ticket, and thanks God I got last gerbong which is gerbong only for woman.
When I sat and took a deep breath, someone called my name, “Yurista!” I menoleh.

“RINDI! Laahh kamu disini juga..?”
“Iya, aku barusan bales bbm kamu..”
So, we told about many things, and she gave me a bag. Sweet chocolate bag.. <3 Love it!

Sampe Stasiun Bogor, gw sama Rindi ke minimarket dulu buat beli beberapa hal. Sambil ngabarin ke yang cowo kalo kita udah sampe di Stasiun Bogor. Mereka udah selesai sarapan pagi dan nunggu di lampu jalan deket jalan raya.

Kita naik angkot warna kuning menuju Terminal Baranangsiang, dari Terminal Baranangsiang kita jalan ke sebrang jalan yang lain untuk nyari semacam angkutan yang menuju Cianjur. Kita ngga sampe Cianjurnya, kita berhenti di pinggir jalan yang menuju Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Angkutan menuju Cianjur itu semacam travel gitu, dan kita musti nunggu sampe kursinya full. Ada kali sekitar 1,5 jam nunggu sampe full.

Setelah akhirnya Bapaknya jalanin mobilnya, saya mulai bisa bernapas lega, soalnya saya pengen tidur selama perjalanannya, kalo mobilnya diem kan jadi pengen ngobrol sama temen-temen mulu.. :D

Di tengah jalan, Bapaknya ngisi bensin dan kita bayar per orang 20ribu untuk ongkos perjalanannya. Abis itu saya ngga bisa tidur.

Bapaknya ambil jalan alternatif menuju Cisarua. Baru disitu saya bisa tidur. Rada ngga enak aja kalo lewat belokan tanjakan menuju Taman Safari tapi malah lurus aja tanpa belok. Oya, katanya Adamers (Aulia, Candra, Sofiet) kalo Bapaknya itu ngebut pake BANGET slama perjalanan. Bahkan Bapaknya berhasil nyalip travel yang udah duluan jalan sebelum travel kita.. Ciamik! \\(^0^)//

Eniwei, akhirnya kita sampe di pinggir jalan sebrang tanjakan menuju Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kita naik angkot warna kuning juga menuju TNGGP itu.

Bahagianya, karena kita seangkot sama adek bayi cewe yang putiiiihhhh bangeetttt dan IMUUUTTT…. (O^_^O) tapi sayang ngga di foto..

Sampe TNGGP, kita sepakat menuju Cibeuruem Waterfall. Kita jalan kaki dan ambil jalur yang alam banget, berbatu, dan menanjak. Oya, sebelum nanjak, kita sepakat cari makan dulu. Takut juga kalo sampe tengah jalan ntar maagku kambuh kayak pas di TMII, kasian temen-temen yang lain.. Kita milih makan di tempat semacam warteg gitu tapi pilihan makanannya makanan rumah. Saya makan nasi + telur dadar + kuah sayur sop + teh manis hangat..

Akhirnya kita nanjak juga.. Buat saya, perjuangan deh menanjaknya. Pas nanjak awal-awal, saya minta berhenti karena butuh istirahat sebentar.. Sejak awal pendakian menuju air terjunnya itu, saya kepikiran terus gimana dulu prajurit-prajurit Indonesia melakukan perang darat untuk ngusir penjajah. Plus, ingatan saya tentang salah satu acara yang ngupas tentang Special Forces Unit di Thailand. Gimana kerasnya latian fisik mereka, dengan istirahat yang sedikit.

Kata Pak Eddy, Indonesia termasuk negara dengan strategi perang darat terbaik di dunia. Buktinya, buku Jenderal AH Nasution tentang strategi perang darat masih dipake di dunia militer internasional sampe sekarang.

Perjalanan awal ditemani hujan. Baju basah karena peluh bercampur hujan. Alhamdulillah 15-20 menit sebelum sampe air terjunnya udah cerah lagi. Sampe air terjunnya pengeeeennnn bangeeettt nyemplung di air terjunnya. Tapi sayang masih rame sama orang-orang dan ngga bawa rok ganti. Jadinya dipuasin foto-foto aja.

Pas perjalanan balik, lebih menyenangkan karena banyakan jalan menurun.. Dan saya baweeeeellll bangeettt sepanjang perjalanan balik.. Entah karena udah mulai terbiasa sama jalanan berbatu, ato karena akhirnya balik juga.. Hehehe… ^^v

Trus, sampe dibawah lagi, kita langsung cari makan, kita cari di tempat lain yang ngga terlalu rame.. Kita barengan mesen mie instant rebus + telur + cabe..

Abis itu kita nyari mushola, dengan diselingi sambil belanja sejumlah oleh-oleh.. Saya Candra, Sofiet beli Alpukat.. Saya, Rindi, Aulia, dan Sofiet beli Kripik Bayam.. Rindi beli 2 Kaktus.. Kata Rindi, “Tanaman yang tepat untuk wanita karier: kaktus!"

Sesaat saya pengen ngakak kenceng. Sayang lagi di tempat umum. Takut dijauhin temen-temen yang lain dan dianggap ngga kenal karena malu saya sikap saya kalo beneran ngakak gede.. -______-a

Trus kita sampe ke mushola yang toiletnya ngga banget dan saya otomatis jadi tempat penitipan barang-barang, sementara yang lain pada sholat..

Baliknya, kita mutusin untuk nyewa angkot dari TNGGP sampe Stasiun Bogor, dan sepakat bayar 150ribu alia 30ribu/orang.

Ada yang nawarin make Avanza tapi 250ribu, yawdah kita iyain aja.. Tapi nunggu sampe 30 menit, ngga dateng-dateng dan ditawarin nunggu 30 menit lagi, kita nolak karena takut kemaleman. Akhirnya kita ngangkot sampe jalan raya.

Pas di jalan raya mo nyegat bus ke Stasiun Bogor, yang nawarin Avanza tadi nawarin 250ribu naik angkot. Kita nolak. Udah nunggu 30 menit + mobilnya beda, masa’ harganya sama. Akhirnya sepakat bayar 210ribu sampe Stasiun Bogor.

Sampe Stasiun Bogor, kita langsung beli tiket dan bareng-bareng naik Commuter Line yang arah ke Tanah Abang.

Saya duduk sebelahan sama Rindi, trus Sofi duduk sendiri di sebrang kanan depan, Aul sama Candra duduk di sebrangnya Sofi..

Di dalem CL, saya langsung make jaket merah saya yang di londri di Jogja dari akhir Maret’13 kemarin dan belum saya pake-pake lagi sampe saat itu.. Saya make jaket bukan karena kedinginan, tapi karena saya mulai ngrasa sangat ngga enak dengan aroma apek dari baju + jilbab.. Rok saya kotor pula karena saya sempet glesoran di bebatuan slama menuju lokasi air terjun..

Saya turun di Stasiun Depok Baru.. Saya cuma pamit ke Rindi sama Sofiet, karena Candra sama Aulia ketiduran.. Kcape’an juga kali yah..

Dari Stasiun Depok Baru, saya naik angkot dan turun di depan Masjid Al Huda.. Dari masjid sampe depan rumah, saya jalan kaki..

Sampe rumah saya cuma sanggup mandi pake air panas, tanpa makan malem lagi.. Abis itu tepar tidur..

Eniwei, besok sore saya mo ke Ungaran bareng mereka lagi + Rizza.. Meeting pointnya yang cowo stay di rumah Rizza, saya dan Rindi di jemput di kosan Rindi.. Rencana rutenya >> dari Jakarta menuju Terminal Ungaran dulu buat nganter Rizza nyegat bus ke Jogja >> trus menuju tempat penginapan saya sama Rindi (skalian bebersih kali yah) >> trus jalan-jalan di sekitaran Ungaran, entah kmana, belum ditentukan, sampe malem kayanya >> trus paginya jam 6an paling, kita menuju tempat aqad Haritsah-Irwan >> abis itu balik Jakarta.. Bi idznillah.. ^^9